Sabtu, 20 September 2008

SEAGETE 2 TERA......????

Seagate akan memperkenalkan produk solid state drive (SSD) pertama mereka dan hard disk (HD) berkapasitas 2 Terabyte tahun depan, menurut CEO perusahaan Bill Watkins. Produk SSD pertama mereka akan ditargetkan ke pasar korporat yang membutuhkan dan bersedia membayar mahal untuk media penyimpanan berkinerja tinggi. Tanggal rilis dan informasi harga tentang kedua produk ini masih belum tersedia.


Seagate tidak berencana untuk menawarkan SSD kepada para konsumen, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan karena harganya yang masih relatif tinggi. Watkins mengatakan bahwa "harga SSD saat ini masih belum kompetitif."

Harga per Gigabyte masih merupakan yang utama dalam industri media penyimpanan, dan walaupun SSD memberikan berbagai keuntungan seperti lebih hemat daya sekaligus berkinerja lebih tinggi (cocok untuk laptop), mereka masih belum akan dipakai di laptop hingga beberapa tahun lagi karena harganya yang tinggi, lanjut Watkins. Walaupun saat ini SSD masih belum mampu bersaing dengan HD, Seagate tetap berpendapat bahwa SSD akan menggantikan HD di jangka panjang.


Krishna Chander, seorang analis senior di iSuppli mengatakan bahwa SSD berkapasitas 128GB berharga $460 atau $3,58 per GB, bandingkan ini dengan HD 160GB yang dijual dengan harga $60. Chander mengatakan bahwa 'SSD akan membutuhkan tiga atau empat tahun lagi sebelum dapat menyaingi HD."


Banyak pemakai saat ini mencari media penyimpanan besar untuk menyimpan data, dan HD dapat menyimpan data sebesar beberapa Terabyte, dan hal ini masih belum dapat dilakukan oleh SSD, jelas Watkins. SSD juga memiliki kelemahan pada saat penulisan data, dengan banyak cell cepat rusak, sehingga mengurangi kapasitas penyimpanan, sebuah masalah umum di flash drive saat ini.


SSD Seagate akan ditargetkan untuk data center yang perlu memroses data dengan cepat seperti server untuk keperluan indexing atau search yang dipakai hanya untuk menyimpan data sementara sebelum dipindahkan ke tempat penyimpanan permanen seperti HD atau tape. SSD memang dapat memindahkan data 10 kali lebih cepat dibandingkan HD, tetapi data pada akhirnya tetap harus disimpan di media yang lebih besar dan dapat dipercaya.
Menjual HD tetap akan menjadi fokus Seagate untuk saat ini, akan tetapi mereka juga akan memastikan ketersediaan SSD kepada para pelanggan yang menginginkannya, lanjut Watkins. Seagate secara internal akan terus melakukan riset dan mengembangkan media penyimpanan SSD.


Seagate juga telah menawarkan hybrid drive melalui lini produk Momentus yang menggabungkan media penyimpanan NAND dengan HD untuk mengurangi konsumsi daya dan mempercepat waktu boot komputer. (sumber: udaramaya)

0 komentar: